Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Senin (2/3/2020), Bupati Darwis Moridu meresmikan pengoperasian kampus daerah Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) di kabupaten Boalemo. Saat itu Bupati didampingi para pimpinan UM-Go, Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Boalemo, unsur organisasi perangkat daerah (OPD), camat dan kepala desa setempat.

Menurut Rektor UM-Go, Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf, sesuai aturan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), sebuah perguruan tinggi bisa membuka kampus di daerah, dengan syarat daerah tersebut berbatasan langsung dengan kampus induk. “Ada beberapa kampus daerah yang telah kami bangun, seperti di kabupaten Bone Bolango dan Gorontalo Utara. Hal ini dibolehkan karena daerah ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo, demikian halnya dengan Boalemo,” ungkapnya.

Syarat pembangunan ini, kata rektor, telah disampaikan kepada Bupati tiga (3) bulan yang lalu. Dan saat itu telah terjalin kesepakatan bersama yang dilaksanakan di pantai ratu.

Ada 3 kesepakatan yang disetujui Bupati untuk dikerjasamakan dengan UM-Go. Pertama, dalam rangka untuk mendukung lahirnya UM-Go di Boalemo, pemerintah daerah (Pemda) Boalemo akan memberikan hibah tanah. Kedua, sembari menunggu proses hibah, UM-Go diberi kesempatan untuk menggunakan aset pemda. Ketiga, Bupati bersama seluruh jajaran pemda siap membantu para mahasiswa melalui beasiswa. “3 hal ini yang disepakati bupati dengan UM-Go dalam rangka pengembangan kampus di kabupaten Boalemo,” pungkasnya.

Close Menu