Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Psikologi, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) belum lama ini mengikuti kegiatan Pra Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Musyawarah Wilayah (Muswil) Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) wilayah VI (Sulawesi, Maluku dan Papua) ke IX, di Universitas Halu Oleo (UHO), kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Acara ini diikuti oleh seluruh perwakilan mahasiswa S1 Psikologi dari wilayah VI, yakni Sulawesi, Maluku dan Papua
, salah satunya dari UM-Go. Adapun delegasi dalam kegiatan Muswil yaitu Ketua HMPS Psikologi, UM-Go, Fahmy Dwiyanto Rauf. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Februari hingga 1 Maret tahun 2020.

Saat dikonfirmasi, Fahmi menjelaskan, bahwa kegiatan Pra Mukernas dan Muswil kali ini mengangkat tema “Pokoasai Ponaa Mberonga Ronga Uneno Teporombua” yang artinya “Satukan Perbedaan Jalin Kebersamaan Melalui Musyawarah”. Adapun Agenda Pada kegiatan tersebut diantaranya membahas Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO), Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) dan BPU yang sifatnya masih rekomendasi.

Seluruh hasil rekomendasi ini akan dibahas pada Mukernas, tenderisasi agenda wajib dan pergantian Koordinator Wilayah VI (Korwil) ILMPI. Terkait Korwil VI ILMPI periode 2020-2021 dalam agenda tersebut terpilih nama Kiki Andi Taros sebagai delegasi dari UHO, Kendari. Ikut sertanya para delegasi wilayah VI di Pra Muswil ke IX ILMPI ini membuat dirinya bangga, sebab dengan adanya ILMPI dapat menjalin dan merekatkan silaturahmi antar mahasiswa psikologi se Sulawesi.

Dengan adanya ILMPI, lanjutnya, mahasiswa Psikologi mempunyai wadah untuk duduk bersama menyumbangkan pikiran dan membahas mengenai pembaharuan demi mencapai bentuk ideal sebuah organisasi. Dan bukan hanya itu, dengan adanya ILMPI, mahasiswa psikologi dapat berkumpul untuk membahas mengenai tentang kesehatan mental dan bagaimana menyelesaikan permasalahan terhadap isu yang terjadi di daerah maupun nasional.

Seperti diketahui, pada tanggal 26 Januari 2011, mahasiswa Psikologi seluruh Indonesia menyepakati membentuk sebuah organisasi dalam bentuk lembaga dengan nama ILMPI. Visi ILMPI adalah menjadi wadah organisasi kemahasiswaan psikologi seluruh Indonesia di tingkat eksekutif, yang dapat secara berkesinambungan mewujudkan mahasiswa psikologi sebagai insan akademisi di bidang ilmu psikologi dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, baik secara internal maupun eksternal.

Hal ini merupakan pandangan ILMPI untuk melangkah dan menorehkan tinta emas di Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bersama. Semangat inilah yang kemudian ditularkan kepada rekan-rekan di wilayah masing-masing dengan tujuan agar ILMPI dapat terwujud dalam bentuk nyata dan terasa manfaatnya bagi masyarakat Indonesia.

ILMPI lahir tidak hanya untuk bertukar info, tapi juga ide, pengalaman dan semangat untuk bergerak berasama menjawab tantangan dan tanggungjawab peran mahasiswa. Tidak hanya berpikir autistik dan mengedepankan golongan atau pun sentimen wilayah dan universitas, namun membangun pola pikir realistik dengan melepas jas kebanggaan lalu bercampur dalam satu tujuan untuk Indonesia.

Sampai itu, lembaga eksekutif yang terdaftar menjadi anggota ILMPI berjumlah 50 Universitas di seluruh Indonesia. Jumlah anggota bisa bertambah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Beberapa bulan pasca Munas, pengurus harian nasional ILMPI telah melakukan capaian target dalam pengembangan internal hingga eksternal organisasi, baik dalam usaha penataan sistem operasional kesekretariatan dan keuangan nasional, hingga membuka jalinan silaturahmi kepada DIKTI bagian Kemahasiswaan, HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia), AP2TPI (Asosiasi Perguruan Tinggi Psikologi Indonesia) dan IOMS (Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis) yang lain seperti ISMKI, BEM SI, IKAHIMATIKA dan lain sebagainya.

Close Menu