Select Language

KAMPUS PENCERAHAN – Saat ini banyak sekali perusahaan yang mencantumkan keterampilan berbahasa menjadi salah satu faktor keberhasilan calon pegawai baru, terutama jika mereka menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris dan Arab. Seperti diketahui, bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional nomor wahid yang menghubungkan setiap orang dari negara dan bahasa berbeda untuk bisa saling bekomunikasi dengan lancar. Sementara bahasa Arab bagi umat Islam sangat penting dan besar manfaatnya.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go) hingga memprogramkan magang bahasa untuk program studi (Prodi) Sastra Inggris dan Arab. Dan tahun ini, magang bahasa akan dilaksanakan di kota Yogyakarta selama 23 hari, mulai 5 Maret kemarin hingga 28 Maret nanti.

Kegiatan magang bahasa “Goes to Jogja” dibuka langsung oleh Wakil Rektor I, Bidang Akademik dan Penjaminan Mutu, Prof. Moon Hidayati Otoluwa. Dalam sambutannya, Prof. Moon menjelaskan, bahwa ada banyak kegiatan yang akan dilakukan para mahasiswa di kota Jogja, diantaranya mempermantap dan memperluas pembelajaran mengenai bahasa Inggris dan Arab. “Kita tau bersama, saat ini sangat susah mencari orang-orang yang mempuni bisa berbahasa Inggris dan Arab,” ungkapnya.

Tak heran, lanjutnya, jika orang yang memiliki kemampuan itu akan lebih diutamakan seperti saat melamar pekerjaan. Selain itu, dengan beragam kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah dengan negara asing, menuntut para pekerja untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, agar tak kalah dari warga negara lain, terutama dalam kepentingan ekonomi.

Bukankah saat ini kurikulum pendidikan juga telah mewajibkan bahasa Inggris. Jadi bahasa ini tidaklah terlalu asing di telinga kita. Apalagi untuk kita yang ingin mendalami ilmu sains dan teknologi, diharuskan untuk menguasai bahasa Inggris karena banyak ilmu serta buku-buku berbahasa Inggris yang menerangkan tentang sains serta teknologi dengan mendalam,” terangnya.

Sama halnya dengan bahasa Inggris, bahasa Arab juga penting untuk dipelajari, khususnya mereka yang beragama Islam. Dengan memahami bahasa Arab, mereka tak hanya unggul di dalam pekerjaan, tetapi juga bisa mengartikan sekaligus memaknai setiap lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibaca atau didengarkan.

“Membaca ayat suci Al-Qur’an tanpa mengetahui arti dan maknanya terasa akan hambar. Karena apa yang ada dalam Al-Qur’an semuanya merupakan petunjuk untuk kehidupan umat manusia di dunia yang diturunkan oleh Allah pada Nabi Muhammad SWT,” tambahnya.

Selain itu, menguasai bahasa Arab akan memudahkan umat Islam saat bepergian ke tanah suci. Baik untuk umroh maupun saat menunaikan ibadah haji. Karena tentunya saat disana bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab. “Yang tak kalah penting, buat mahasiswa yang ingin memperdalam ilmu agama Islam dengan melanjutkan kuliah ke negara Arab, pastinya menguasai bahasa Arab adalah hal mutlak dan wajib hukumnya,” tukas Prof. Moon.

Intinya, belajar bahasa Inggris mungkin memang besar manfaatnya bagi kesuksesan dalam berkarir, namun dengan menguasai bahasa Arab, bukan hanya akan memudahkan kesuksesan dan kemuliaan di dunia, namun juga di akhirat. Nah, sebagai generasi muda, tentunya sangat lebih baik jika mengusai kedua bahasa tersebut.

Close Menu