Aliansi Mahasiswa Pertanian Se – Gorontalo, Gelar Dialog Mata Petani di Kampus UMGO

Kampus Pencerahan – Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 24 September kemarin, Aliansi Mahasiswa Pertanian Se – Provinsi Gorontalo menggelar Dialog Mata Petani (Masyarakat Bertanya Pertanian di Indonesia).

Kegiatan tersebut bertema “Transformasi Gerakan Pemerintah dalam Beradaptasi dengan Era Distribusi, dilaksanakan di Gedung Indoor pada Selasa (28/09/2021) dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III, Dr. Apris Ara Tilome,S.Ag,M.Si.

Wakil Rektor III UMGO Dr.Apris Ara Tilome,S.Ag,.M.Si saat membuka kegiatan dialog.

“Terimkasih kepada panitia telah mengadakan kegiatan yang sangat bagus, dan telah menghadirkan peserta dari berbagai kampus, petani dan narasumber Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo,”Terangnya saat memberikan sambutan.

Filosofi tani itu tidak pernah melewatkan waktu, bahkan setelah subuh petani itu sudah pergi ke sawah menjelang siang mereka istirahat dan setelah itu melanjutkan pekerjaan lagi. Maka mahasiswa juga harus belajar dari itu yakni disiplin waktu kalau mengundang atau di undang,usahakan harus tertib dengan waktu.

Sebagai informasi di Fakultas Sains dan Teknologi terdapat tiga prodi mencakup bidang pertanian, peternakan dan perikanan di UMGO minim mahasiswa beberapa tahun belakangan ini.

“Ini saya rasa harus kita kaji dan kembangkan bersama-sama didalam dialog, kita perlu meniliti kira-kira apa yang membuat kurangnya minat masyarakat atau mahasiswa baru untuk masuk ketiga prodi tersebut. Entah apa mindset mereka menjadi seorang petani, peternak hingga nelayan itu tidak menguntungkan atau menjanjikan atau seperti apa dan dari sinilah kita bisa ubah mindset atau stigma negatif terkait petani,”Jelasnya.

Kemudian Dr. Apris mengatakan dari dialog
inilah kita akan dapat solusi dan alternatif untuk memecahkan masalah diatas tadi, sehingga akan mempermudah kita dalam merekrut mahasiswa baru. Dan selain itu kita sudah memberikan wadah kepada petani untuk menyalurkan aspirasi mereka dengan kehadiran Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo.

“Semoga dialog ini dapat meninggalkan kesan yang baik di masyarakat, dan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan sektor pertanian khsusunya di Kabupaten Gorontalo,Tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Dr. Jismon Djakaria,M.Si ,Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bidang Penelitian Dwi Rohmadi,S.Pt, M.Sc , Para dosen ,Masyarakat dan Mahasiswa.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com