Putri, Mahasiswa Psikologi UMGO dan Peserta KKN KI Malaysia Jadi Pembicara di Workshop Internasional Psikoedukasi “Self Talk”

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Program Studi Psikologi Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) terus berupaya mengembangkan potensi mahasiswanya, baik di bidang akademik maupun non akademik. Dibidang akademik, mahasiswa senantiasa dipacu untuk meningkatkan kemampuan dan produktifitasnya dalam melahirkan karya ilmiah yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, baik secara tertulis melalui publikasi ilmiah maupun secara lisan melalui kegiatan conference atau seminar.

Baru-baru ini prestasi membanggakan diraih oleh salah satu mahasiswa Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UMGO, Putri Sarli Lapananda sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata Kerjasama Internasional (KKN-KI) di Malaysia yang berhasil menjadi pembicara dalam kegiatan bertaraf Internasional, dalam kegiatan Workshop Internasional “Psikoedukasi Melalui Self Talk dan Memperkenalkan Permainan Khas Gorontalo” bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung di Sanggar Bimbingan (SB) Muallim , yang merupakan salah satu sanggar bimbingan di bawah naungan KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) yang berada di Kampung Berop,  Tanjong Malim, Perak, Malaysia pada hari Jum’at 4 Agustus 2023. Dan di hadiri oleh orang tua/wali murid dan murid murid SB Muallim yang bekerja sama dengan persatuan pelajar mahasiswa yang berada di UPSI (Universitas Pendidikan Sultan Idris) di Perak, adapun bertindak sebagai pemateri 1 yaitu mahasiswa UMGO, Putri Sarli Lapananda dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo yang mengusung tema “psikoedukasi melalui self talk” dan pemateri ke 2 yaitu  Siti Zurriyatun Sholihah,M.ED.TESL (Cand) yang mengusung tema “Belajar sambil  bermain”.

“Dalam workshop ini saya menjelaskan kepada siswa dan siswi di SB Mualim serta orang tua siswa/wali siwa tentang bagaiamana  pentingnya self talk. Dan untuk pemateri 2 dalam materinya ia menjelasakan tentang sala satu permainan gorontalo yaitu Ponti yang di bawah langsung dari gorontalo,ponti adalah salah satu permainan rakyat gororntalo yang sangat terkenal. Dan tidak hanya anak anak yang bermain dan ikut serta dalam permainan ini tetapi orang ua juga turut ikut dalam permainanan tradisional tersebut orang tua/wali murid juga sangat exited dalam permaianan ini,” ungkap Putri.

Lanjutnya, pemberian psikoedukasi merupakan salah satu langkah yang dapat membantu meningkatkan prestasi hasil belajar mereka secara akademis. Psikoedukasi merupakan sebuah metode edukatif yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pelatihan yang berguna untuk mengubah pemahaman mental/psikis individu. 

“Pendidikan adalah suatu modal penting dalam hidup manusia apalagi generasi bangsa, dengan pendidikan yang cukup, wawasan, pengetahuan yang luas akan mampu menyiapkan generasi muda yang berkualitas yang mampu membangun bangsa dan negara ini lebih baik. Tentu saja pendidikan, kemampuan, wawasan dan pengetahuanlah yang kita butuhkan maka kita mencari metode yang baik untuk kita berikan pada anak-anak Indonesia yang ada disini,” ungkapnya.

Kemudian, Salahudin Liputo, S.Psi., M.Psi., selaku Dekan Psikologi sekaligus Dosen Pendamping Lapangan mahasiswa KKN Internasional UMGO melalui daring menyampaikan terkait dengan di selengkarakannya kegiatan KKN internasional ini tentu bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di kampus UMGO.

“Tentunya akan memberikan sumbangsi baik bagi akreditasi perguruan tinggi, meningkatkan kualitas SDM hingga Citra UMGO itu sendiri. Di tambah mahasiswa kami mengambil peran untuk menjadi pemateri dalam workshop ini menjadi nilai tambah karena pelatihan self talk ini akan memberikan efek positif bagi para peserta didik SB muallim sehingga kedepannya kemampuan mereka menerapkan self talk ini untuk membentuk dij  mereka menjadi pribadi yang baik,dan pribadi yang berani untuk kehidupan mereka kelak ketika mereka dewasa nanti,” tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com