Workshop Peyusunan RPS dan Manajemen Akademik Prodi Kedokteran UMGO

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menggelar kegiatan Workshop Peyusunan RPS dan Manajemen Akademik Prodi Kedokteran UMGO pada Sabtu (20/01/2024) bertempat di Ruang Meeting, Hotel Grand Q, Kota Gorontalo. 

Workshop ini menghadirkan narasumber dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas) dr. Irwin Aras, M.Epid.,M.MedEd., dan dr. Bau Dilam Ardyansyah, MD.,MBSc., MHPE. Workshop ini diikuti sejumlah dokter yang ada di prodi Kedokteran UMGO dan admin FKIK UMGO, selama dua hari Sabtu-Ahad (20-21/01/2024). 

Dekan FKIK UMGO yang diwakili oleh Wakil Dekan 1, dr. A. Muh Rifqi Ismulail, M.Kes., dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini berharap para dokter yang hadir sebagai peserta Workshop kelak dapat membantu merumuskan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester yang akan digunakan pada Prodi Kedokteran. 

“Sebagai prodi yang baru kita akan senantiasa menyelanggarakan workshop berdasarkan komitmen dengan UNHAS sebagai Universitas pendamping untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dengan tujuannya bagaimana mengembangkan SDM yang ada di Prodi Kedokteran UMGO. Semoga workshop ini akan berjalan dengan baik dan output yang dihasilkan untuk pengembangan Kedokteran UMGO kedepannya,” Harapnya. 

Kemudian, perwakilan Tim UNHAS,  dr. Irwin Aras,M.Epid.,M.MedEd., mengatakan mengembangkan Fakultas Kedokteran  tidak sekedar memikirkan bagaimana mendidik mahasiwa dengan sebaiknya tetapi bagaimana diri kita sendiri bisa dikembangkan dengan kapasitas dan kualitas terbaik.

“Maka kita harus menerapkan pada diri kita sendiri dulu untuk memberi contoh baik pada mahasiswa, salah satunya dengan memupuk melalui kegiatan seperti ini. Perlu penguatan kapasitas yang berkelanjutan sebagai Prodi Kedokteran yang sudah berjalan sehingga kita tidak boleh menunda dan sesegera mungkin dilaksanakan dan harus berjalan terus jangankan FK baru FK UNHAS yang sudah berusia puluhan tahun juga terus melakukan kegiatan seperti ini,” Jelasnya. 

Ia melanjutkan, pada Workshop ini Tim nya akan membahas dua materi terkait Manajemen Fakultas dan Topik kedua Penguatan Kurikulum yaitu menyusun RPS.

“Kita berharap teman-teman terus terlibat dalam kegiatan ini besok dan outputnta sudah punya RPS yang sudah di riview. Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan UMGO kepada UNHAS sehingga sampai hari ini kami terus menunjukan buktikan komitmen kami yang telah dipercayakan sebagai pembina. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan makin banyak dosen yang terlibat karena semakin banyak dosen yang ikut, semakin bagus sebagai wujud untuk maju bersama,” Tandasnya. 

Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong saat membuka acara mengatakan terima kasih yang tak terhingga kepada UNHAS yang terus menunjukan komitmennya sebagai kampus pendamping Kedokteran UMGO. 

“Terima kasih dr. Irwin dan kawan-kawan dari UNHAS, kami tidak henti hentinya menyampaiakan apresiasi tinggi karena UNHAS sebagI pendamping dan pembina kami tetapi menujukan konsistensinya dan perhatiannya yang timggi pada Prodi Kesoktetan kami. Dengan lahirnya FK UMGO menjadi pemicu bagi perguruan tinggi Muhammadiyah yang lain karena sekan tidak percaya kampusnya lebih besar tetapi kita yang duluan menerima Kedokteran. Terima kaish atas pendampingannya hingga hari ini insha Allah sampai benar-benar Kedok UMGO mandiri baru bisa dilepas,” Ucapnya. 

Ia berharap semua dokter dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sugguh, sehingga target-target  untuk mengembangkan Kedokteran UMGO dapat terwujud.

“Semoga workshop ini menghasilkan berapa persen RPS yang tidak tuntas dan Insha Allah akan kita lanjutkan. Untuk saat ini fokus utama pada semester 1,2,3 dan target kita tahun depan yang dipikirkan 4,5,6 sampai seterusnya. Bapak-Ibu dokter dan tendik mari kita optimalkam kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” Tutupnya.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com