4 Mahasiswa UMGO Lolos MSIB batch 6 Spesialis Konservasi Alam di Magang AMATI Indonesia

Kampus Unggul dan Berkemajuan – Secara menggembirakan, sebanyak 4 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) berhasil lolos dari program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6 Tahun 2024 dengan Posisi Spesialis Konservasi Alam di Magang AMATI Indonesia yang diadakan oleh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI).

Tak hanya sampai disitu, menyusul 7 mahasiswa lainnya juga dinyatakan lolos Program Studi Independen yang masih merupakan bagian dari MSIB MBKM namun untuk program ini hanya bisa diikuti melalui online atau daring.

Prestasi ini mencerminkan bukti konkret dari tekad dan pencapaian para mahasiswa dalam meningkatkan mutu akademik dan profesionalisme. Mahasiswa yang terpilih dalam program ini telah melewati proses seleksi yang ketat, termasuk penilaian kinerja akademik, motivasi, dan rencana pengembangan diri.

“Adapun beberapa tahapan yang telah kita lalui mulai dari Seleksi & Verifikasi Administrasi Mahasiswa pada tahapan ini, pihak perguruan tinggi akan melakukan validasi data dan memberikan rekomendasi bagi mahasiswa pendaftar MSIB yang memenuhi syarat untuk mengikuti program, melalui platform MBKM. Kemudian seleksi mahasiswa oleh Mitra masing-masing, mitra diberi kesempatan untuk menyeleksi mahasiswa secara langsung. Bentuk dari seleksi dari mitra bisa saja berbeda-beda karena diserahkan sepenuhnya kepada setiap Mitra,” Ungkap salah satu peserta lolos Magang Bersertifikat, Rahmat W. Manggga.

Lanjutnya, dan tahapan terakhir ada Offering pada Platform setelah melalui 2 (dua) tahap di atas, mitra akan mengirimkan offering untuk mahasiswa yang telah lolos. mahasiswa akan diberi kesempatan untuk menerima ataupun menolak penawaran yang dikirimkan mitra tersebut.

“Sedikit tentang pengalaman saya pada saat mendaftar porgram kampus merdeka ini bisa dikatakan luar biasa, beberpa kali saya mencoba namun saja masih gagal. Dari mendaftar di program pertukaran mahasiswa merdeka PMM batch 3 saya tidak lolos, mencoba lagi pada PMM batch 4 namun hasilnya masih saja sama. Daftar lagi ke program MSIB 5 tidak lolos terus mncoba lagi daftar ke program Kampus mengajar batch 7 karena ada banyak program kampus merdeka namun pada program kampus mengajar 7 saya juga masih dinyatakan tidak lolos, hampir saja saya menyerah tetapi karna saya tidak pantang meyerah pada program kampus merdeka ini akhirnya saya tetap mendaftar kembali pada program MSIB batch 6, dan Alhamdulillah inilah jawaban dri smua kegagalan saya. Perasaan saya dinyatakan lulus sangat senang, legah dan bangga setelah perjuangan panjangg akhirnya bisa berada dititik ini, nikmati aja prosesnya, gagal hari ini, luka hari ini, akan jadi cerita luar biasa nantinya,” Jelasnya.

Ia meyebutkan ada beberapa Benefit yang akan ia dapatkan dari progran Magang meliputi, beberapa Sertifikat, Tiket Transport Pulang Pergi, BPJS Kesehatan, Biaya Bantuan Hidup (BBH) Mencakup Tunjangan Uang Saku, Bantuan Makan Dan Pembiayaan Tempat Tinggal (Mitra Hanya Merekomendasikan Lokasi).

Para mahasiswa yang lolos inj akan menjalani magang di berbagai perusahaan dan lembaga, yang akan disebar di beberapa wilayah mulai dari Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Jawa selama satu semester (16 Februari – 30 Juni 2024) tepatnya kurang lebih 4 bulan.

Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan UMGO, Dr. Apris Ara Tilome, menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada 11 mahasiswa yang lolos.

“Capaian yang sangat membanggakan atas kerja keras dan semangat 11 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo tidak ragu untuk selalu mengambil inisiatif mengikuti setiap program Kampus Merdeka. Saya berharap pencapaian ini akan memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus beruaha dan ikut serta dalam peluang berharga seperti program MSIB” Ucapnya.

4 mahasiswa yang akan mengikuti program Magang diantaranya :

1. Rahmat W. Mangga (Geografi) lolos Magang di Amati Indonesia
2. Mohammad Ilyas Yunus lolos Magang di Amati Indonesia (Akuakultur)
3. Didin Darmawan Monoarfa (Peternakan)
lolos Magang di Amati Indonesia
4. Ramlin Hiola (Geografi) lolos Magang di Amati Indonesia

7 mahasiswa lainnya juga akan mengikuti program Studi Independen secara online, nama-namanya sebagai berikut :

1. Jumriaty Maleba (Agribisnis) lolos di Amati Indonesia Is-core
2. ⁠Nayla Fayza Lamatenggo (Agribisnis) Lolos di Studi Independent Amati Indonesia Is-Core
3.Nurlia Ripo (Agribisnis) Lolos di Studi Independent Amati Indonesia Is-Core
4. Rahmawati Mohu (Agribisnis) Lolos di Studi Independent Amati Indonesia Is-Core
5. Candra Bahar Madawi (Agribisnis) lolos di studi independent amati is-Core
6. Syahril Lasulika (Agribisnis) lolos di studi independent amati is-Core
7. Fathurrahman Payuyu (Ilmu Hukum) Lolos di Studi Independent Amati ISS-FREE

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com